Tampung Tawar Gedung Perkuliahan dan Kantor Yayasan Sebagai Wujud Kecintaan Terhadap Kearifan Budaya Kotawaringin Barat

Category: Berita
Created on Saturday, 26 March 2016

Prosesi Tampung Tawar Oleh Bapak H. Gusti Husin dan Ibu Siti 

 

Pada hari jum’at (25 Maret 2016) telah diadakan upacara adat “tampung tawar” yang bertempat di gedung perkuiahan baru Universitas Antakusuma. Acara ini dimaksudkan sebagai bentuk ucapan syukur seluruh pengurus Yayasan Kotawaringin dan Civitas Akademika Universitas Antakusuma atas terealisasinya pembangunan gedung perkuliahan baru Universitas Antakusuma.

Dalam sambutannya Bapak H Tengku Zaelani yang juga merupakan Pembina Yayasan Kotawaringin mengungkapkan ucapan syukur yang sedalam-dalamnya ke hadirat Tuhan Yang maha Kuasa atas terselesaikannya pembangunan Gedung perkuliahan yang merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat tersebut. Adapun pelaksanaan Upacara adat Tampung Tawar ini merupakan wujud kecintaan Univeristas Antakusuma dan Yayasan Kotawaringin terhadap nilai-nilai kearifan yang dimiliki oleh Kabupaten Kotawaringin Barat. Beliau menambahkan tujuan dilaksanakannya acara tersebut ialah untuk meminta restu kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar segala aktifitas yang dilakukan di gedung yang baru tersebut dapat diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, terlebih dalam waktu dekat tepatnya pada tanggal 28 dan 29 Maret 2016, Universitas Antakusuma akan melaksanakan upacara wisuda sarjana yang sedianya akan menggunakan gedung tersebut.

Puncak acara Tampung Tawar dipimpin oleh Bpk H. Gusti Husein diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, kemudian dilanjutkan dengan prosesi tampung tawar yang melibatkan Dewan Pembina Yayasan Kotawaringin, pengurus Yayasan Kotawaringin, pejabat struktural Universitas Antakusuma, dan Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa. Prosesi tersebut dipimpin oleh ibu Siti. setelah prosesi tampung tawar dilakukan, bpk H Gusti Husein dan Ibu Siti didampingi perwakilan dosen dan mahasiswa beranjak mengelilingi gedung perkuliahan dan menburkn beras kuning dan menggosokan ramuan tampung tawar di setiap sudut gedung dengan harapan, setiap sudut gedung tersebut senantiasa dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain dilaksanakan di gedung perkuliahan baru, upacara yang sama juga dilaksanakan di Kantor Yayasan Kotawaringin yang baru, dengan harapan yang sama agar seluruh aktifitas di kantor tersebut dapat berjalan dengan baik dan selalu dilindungi oleh Tuhan.

FreshJoomlaTemplates.com

UNIVERSITAS ANTAKUSUMA

Jalan Iskandar No. 63 Kel Madurejo Pangkalan Bun-Kalimantan Tengah

email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

Saturday the 24th.